Tuesday, July 08, 2008

Filosofi sebuah blog

Haduh susahnya mau ngepost ni blog.. Udah 2x nuliz slalu ilang gara2 kepencet cancel. Bener2 dudut ni hp. Harusnya tu tombol clear jgn dbawah tombol cancel. Gara2 kesalahan kecil, cuma salah mencet satu tombol doank ilang tak berbekas tulisanku. Awaz ya kalo yang ketiga ni mpe ilang lagi batal dah ngepost blog hari ni. Jempol udah mendlep gini tapi nggak jadi2 juga. Mubazir kan jdnya! Mudah2an kali ni jempolku ga salah pencet lagi. Udah yuk ngomongin filosofi blog aja..
Apa sih alasan utama para blogger nuliz blog? Pasti kalo jawaban para blogger dkumpulin jadi satu muncul banyak banget jawaban yg tentunya beda2. Barusan aku dapet bisikan dari temen sebelahku kalo alasan dia bikin blog cuma buat ngisi waktu luang. Berhubung sekarang dia lagi nggak punya waktu luang jadinya dia nggak pernah ngepost blog lagi. Truz ada juga yang nuliz blog karna terinspirasi ma kambing jantan alias raditya dika. Mungkin dia berpikir kali2 aja dirinya mujur kayak punya kambing, blognya menarik, sering di klik banyak orang truz akhrinya dibukukan deh. Sekedar bocoran aja niy, menurut sumber yang terpercaya blognya kambing mau difilmkan lho. Nggak tau juga udah pa belom.. Truz ada juga mahasiswa drop out yang sekarang ini menekuni dunia perblogan sebagai ajang cari duit (Hah cari duit?). Ya jelazlah, sebulan aja tu mantan mahasiswa bisa ngantongin duit 8juta keatas. Hebat bukan.. Siapa coba yang nggak ngiler kalo denger duit 8juta.. Terang aja sekarang ini banyak orang yang berbondong-bondong pada bikin blog. Mbuh tu blog yang rajin di up date ato blog yang isinya cuma gitu2 doank, kayak punyaku. Hahahaha.
Padahal setauku blog itu awalnya berangkat dari catatan pribadi yang bisa dikonsumsi secara umun karena si blog ini bersifat online. Singkatnya tu, buku harian yang nongol di internet, jadi tiap orang yang baca bisa langsung kasi komentar (kalo mau). Berangkat dari sebuah terobosan untuk menulis catatan harian yang bisa dikonsumsi publik, kini blog jadi nggak sekedar buat ajang tulis menulis, blog ni jadi multifungsi lo. Selaen sebagai tempat menuangkan segala perasaan dan pikiran blog juga dijadikan sebagai ajang bisnis, ajang pamer, buat gaya2an, menunjukkan prestise seseorang, dll. Bahkan di luar negri pun blog bisa jadi sarana untuk kampanye. Baguz juga tu dicontoh. Mungkin kalo di Negri kita tercinta ini kampanyenya lewat blog negara kita akan sedikit lebih tenang en nggak ada kerusuhan. Jadi kalo mau adu mulut lewat blog aja, biar nggak ada tu yang namanya kerusuhan, bakar2an, demo gede2an, dll. Kan pas tu eventnya, bentar lagi mau ada pemilu. Tinggal tunggu aja tu para calon2 pemimpin berorasi dan menuliskan janji2nya manisnya (yang terlalu muluk2) dalam sebuah blog..
Tapi nggak peduli apapun alasan orang bikin blog aku punya alasan sendiri. Aku si awalnya cuma pengen aja. Dulu kan suka nulis dibuku harian, tapi kadang malez juga kalo mau nulis banyak, kan capek tu. Akhirnya pengen ngrasain aja yang namanya punya blog. Eh akhrnya punya juga walopun buntutnya ni blog nggak pernah aku urusin karna aku balik lagi nulis manual di buku harian. Lagian waktu itu kalo mau inet ndadak ke warnet dulu. Malez banget kan. Kalo sekarang mendinglah udah ada fasilitasnya, kayak hotspot di kampus (walopun sering ngadat en harus dateng pagi2 buwat rebutan stop kontak), trz ada paket khusus dari telkomsel bwt inet yang harganya murah, pas banget ma kantong mahasiswa seperti diriku (walopun suka ngadat juga kalo malem, dah gitu nggak bisa buat mms lagi.. Sebenere ikhlas nggak si mau kasi murah?!). Tapi ada catatan tersendiri, harga murah karna smua image nggak ditampilin. Kalo image ditampilin sama juga bo'ong. Tu kantong yang aslinya udah kering jebol skalian. Satu tips ni, kalo mw pake inet dari hape matiin tu image biar kiloanya enteng (Kiloan? Kayak mw nyuci di laundry aja).. Ya maksude ukuranya jadi enteng. Kan ukuran kecil = hemat. Hemat = nabung. Nabung itu pangkal kaya, jadi intinya kalo inet pake hape mati'in aja imagenya biar kaya..
Aku juga nggak ambil pusing orang mau komen apa tentang blogku. Mau dibilang ni blog cuma ngeluh ya nggak papa. Kan tiap orang beda2, ada yang dalam situasi apapun bisa nuliz ada juga yang cuma pas situasi tertentu tok idenya kluar. Mungkin aku tipe yang kedua. Aku lebih terinspirasi nulis kalo lagi sedih. Pengarang aja kan nggak selalu bisa nuliz. Ada saatnya mereka banjir ide, ada juga saatnya mereka kering ide.. Jadi nggak salah juga kan kalo nulis 'my problem' disini. Lagian seperti yang aku bilang tadi, kalo mau inet haruz bersusah-susah dulu. Nggak tau harus berangkat mruput ato mencet2 hape yg failed teruz. Mubazirkan kalo nuliz banyak2 tapi nggak diposting. Tadi sore aja aku nemuin blog yang temanya cuma itu2 aja (kayak punyaku). Kalo senangkepku temanya tentang cewek merana karna haus cinta. Hebatnya lagi nggak diprotes ato dikata-katain, malah dikasi komen juga. Mana yang kasi komen ya cuma satu nama. Walopun nasibnya mirip kayak blogku tapi setidaknya tu orang lebih beruntung dari aku. Kalo aku harus denger kata2 pait kayak gini "blog tu jangan cuma ngeluh, kalo seneng ya ditulis ato nulis laenya kayak tips".. Belom lagi "blognya sepi, yang komen cuma aku".. Huw! Padahal ada juga blog yang temanya cuma satu, eh yang suka kasi komen juga cuma satu.. Tapi kenapa tu orang beda nasib ya ma aku.. Mungkin itu yang dibilang kejamnya dunia.. Dan aku adalah salah satunya..
Yang jelaz alasanku nuliz blog bukan karna aku ketua yang nggak bisa nuliz ato apa, tapi aku nuliz karna aku pengen mencurahkan isi hatiku..

7 comments:

  1. ini nyrempet mas ya?


    awas lu ya...

    ReplyDelete
  2. La memang oq. Sukurlah kalo nyadar.. Tinggal pertanggungjawabanya adja.
    Aku mau menuntut keadilan!

    ReplyDelete
  3. adil mu gwedi!



    adil kepiye?

    ReplyDelete
  4. Udah ditulis selengkap-lengkapnya, panjang lebar pula. Masih nggak nyadar juga.. Memalukan, dasar dudut!

    ReplyDelete
  5. dudut tp gayènk

    ReplyDelete
  6. Itu tugazmu MENCARI tau bukan tugazku MEMBERI tau!

    ReplyDelete
  7. 'kalo aku yang gt gmana?'



    hakhak!

    ReplyDelete