Friday, November 28, 2008

Privasi

Kalo inget jaman dulu, apalagi jaman orti kita kecil, atau bahkan jaman kakek nenek kita tu mau apa2 serba susah. Mau komunikasi aja susahnya minta ampun. Ya bukan susah si sebenernya, tapi lama. Telpon aja belom ada, jangankan HP. Akhirnya suratlah yang dipake buat komunikasi jarak jauh.. Walopun harus nunggu lama tapi mereka tetep rela tu..  Ya maklumlah belom ada yang laen. Kalo sekarang ma udah ada HP, bisa nelpon sewaktu2, bisa sms kapan aja. HP aja udah ada 3g nya sekarang. Selaen nelpon bisa liat orangnya skalian lagi ngapain.

Trus lagi jaman dulu, tipi tu masih langka. Cuma orang-orang tertentu aja yang punya tipi. Itu aja item putih, chanelnya juga paling cuma 1 TVRI doank dan belom ada indovision tentunya. Kalo sekarang udah chanelnya banyak, masi ada tawaran dari indovision, dkk. Belom lagi yang namanya infotainment, tiap jam pasti ada di tipi, gantian! Bahkan dalam satu putaran aja bayak infotaiment yang ditawarkan.. Selebriti pada dikejar2 wartawan, ditanya ini itu. Soal karir (jarang banget sih tapi), soal perceraian, perselingkuhan, percintaan. Ah masi banyak lagi, pokoke kegiatan secuil apapun yang sebenernya ga pentingpun bisa nongol di tipi. Bayangin foto syur para artis pun bisa dinikmati semua orang cuma modal internet doank.

Kayaknya jaman sekarang tu privasi udah ga dihargai lagi. Media yang makin majupun makin mendukung hilangnya privasi. Aku pernah baca di majalah, Paris Hilton tu saking seringnya dikuntit paparazi mpe dia tu sering berhalusinasi denger suara 'klik'. Padahal sebenernya ga ada sapa2. Jadi dia tu ngrasa seolah2 lagi dikuntit en difoto ma paparazi. Ah segitunya ya, prihatin!

Kalo yang paling sederhana en tentunya deket ma kita apalagi kalo bukan HP. HP yang berkamera tu sekarng udah biasa. Mulai dari yang harganya murah mpe yang harganya berjut-jut. Dengan gampangnya orang2 pada jepret sana-sini. Padahal kan ga semua tempat boleh difoto. Dan parahnya lagi aku juga sering gitu. Suka nyyuri2 foto. Hahaha.. Tapi kalo baru HP aja si ga masalah, toh itu buat dikonsumsi pribadi aja.

Gimana dengan reality show yang sekarang ni kian menjamur. Sebut aja termehek-mehek, orang ketiga, dll. Semuanya itu menurutku juga udah ga menghargai privasi orang. Kemana-mana diiukutin, diawasin, dikuntit, dimasukin tipi lagi.. Mending ya kalo yang dilakuin en diekspos tu 'nggenah' lha ini.. Namanya membuka aib orang. Walopun mukanya KADANG dibikin blur tapi toh sama aja masi kliatan dikit. Belom lagi orang-orang disekitar mereka, pasti ikut malu juga kan.

Jaman sekarang ni, semuanya udah jadi ajang bisnis. Ga mikirin harkat dan martabat manusia (huek!). Kalo menurut kamu privasi tu....?

5 comments:

  1. Anonymous2:17 PM

    Salam kenal mbak risti,

    Kalau tentang acara reality show tipi yang mbak sebut tadi, kok ya saya rada-rada gak yakin ya, its too good to be true ... perasaan kayak sudah diatur (si korban juga aktor aja, maksud saya).

    btw, salam kenal

    ReplyDelete
  2. Anonymous2:19 PM

    JADI APAKAH INI MAKSUDMU MENENTANG ACARA TERMEHEK-MEHEK?

    ReplyDelete
  3. Anonymous2:23 PM

    Feelingku si gitu,, cuma sandiwara..
    Tapi ada temenku yang tergila-gila ma termehek-mehek lo.. Mpe segitu percayanya..

    ReplyDelete
  4. Anonymous1:35 PM

    Lho? kOq jadi ngomongin acara itu? Bukannya ngomongin privasi? Menurut ku sih emang bener juga yg risti bilang. Dah ga ada privasi lagi. Contohnya ya aku ini nih. susah juga kalo jadi public figur. hehe

    ReplyDelete
  5. Anonymous2:06 PM

    Privasi Itu priMitif.. hehehe..

    ReplyDelete